iklan

Ngomongin Cara Mengatasi Flu ala Mbah Martin

http://otnairahiwa.blogspot.com

Gara-gara efek liburan panjang kemarin gue jadi kecapekan dan gak enak badan. Badan rasanya udah kayak abis dipukuli sama orang sekampung pakek kayu balok es teh manis tanpa gula. Bersin melulu, badan panas dingin, kayaknya sih flu melai menjalar ditubuh kekar gue.

Gue ngadu sama emak gue yang baik hati dan super duper lembut.
"Mak gue sakit mak!"

"Kenapa lo?"
"Kayaknya sih flu mak!"
"Oh cuma flu, Tuh ambil obat disamping lemari!" Sambil menunjuk lemari.
"Beneran nih mak obatnya?"
"Iya udah ambil aja!"
"Ini mah obat diare mak!"
(Hahahahahahhahaha)


Suasana pecah berkeping keping, piring, gelas juga ikut menjatuhkan diri kelantai sambil ketawa terguling guling. Absurd banget gak tuh!hahaha
Akhirnya emak mengeluarkan sebuah buku dari dalam kamarnya.

"Apaan tu mak?"

"Ini adalah resep rahasia turun temurun dari embah!"
"Resep, Mau masak mak?"
"Gak usah banyak tanya, sini bantuin baca. Enak udah burem baca tulisan kecil kecil!"

Perlahan gue buka lembar demi lembar akhirnya terhenti pada satu judul, coro marekne pilek. Kalau dalam bahasa Indonesia diartikan cara menyembuhkan flu.

1. Perbanyak Minum Air putih
Dianjurkan kita untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Alasanya sederhana agar tenggorokan kita selalu bersih dari kuman.


2. Perbanyak Konsumsi Minuman Hangat
Bagi kita penderita flu, minuman hangat memang harus selalu siap di hadapan kita. Kenapa minuman hangat?  Menurut tulisan embah disitu tertulis karena minuman hangat dapat membantu mencegah dehidrasi, mengurangi hidung mampet, dan melegakan tenggorokan. Selain airnya, uap dari minuman hangat juga bermanfaat. Disitu disebut dapat digunakan untuk mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan.

"Mak air putih anget!"

3. Istirahat Total
Nah ini yang gue suka, istirahat, tidur dan malas malasan (hehehehe). Bagi penderita flu memang disarankan untuk banyak-banyak istirahat. Karena pada dasarnya flu dapat menyerang seseorang karena orang tersebut kecapean sehingga daya tahan tubuh melemah dan masuklah flu ke dalam tubuh dan bersemayam dengan tenang. Jadi dengan banyak istirahat diharapkan daya tahan tubuh akan kemvali normal dan siap untuk mengusir flu dari badan gue yang kekar kayak hercules ini.


4. Perbanyak Buah dan Sayur
Dengan memperbanyak konsumsi vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayur diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang menurun. Sehingga tidak gampang sakit.


5. Mandi Dengan Air Hangat
Saat kita terserang flu sangat tidak dianjurkan kita untuk mandi dengan air dingin. Kenapa? Karena eh karena berjudi itu haram. Upsss salah mas itu lagu(hahahahaha) alasannya dikarenakan agar suhu tubuh tetap hangat selalu sehingga tidak kedinginan.


6. Perbanyak cabai/ atau Makanan yang Mengandung Cabai
Nah kalo ini kesukaan gue. Gue doyan banget sama yang pedas pedas. Apalagi samvel terasi buatan emak, mantap dah pokoknya nomero uno! Alasanya karena diyakini cabe dapat Membantu membersihkan rongga hidung. Tapi kangan terlalu banyak juga, ntar malah mencret semua lo,hahahahahaha.


7. Gunakan Madu dan Jahe
Diyakini kedua elemen ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit flu. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan mencampurkan 2 ruas parutan jahe kemudian campurkan dengan madu. Lalu konsumsi 3 kali sehari.


Gue tertegun melihat tulisan embah. Tersusun rapi sekali. Gue yakin kalo embah masih ada sekarang beliau pasti udah jadi blogger yang handal.hehehehehe

iklan

" Belum dapat kukenali mana kopiku dan mana senyummu yang tawar tanpa gula bagai obat pengantar luka "