iklan

Youtube, Televisi Masa Depan

"Youtube adalah sebuah situs berbagi video dimana para pengguna dapat memuat, memutar, dan dan membagikan secara gratis kepada semua orang.  Di dalam situs ini kita dapat menonton video apapun dan dari belahan bumi manapun", Begitu mas Ali bertutur sambil nyeruput kopi item! Srrruppputttt...
Dapat dari kaskus

Obrolanpun semakin memuncak. Seperti yang sudah sudah, sambil ngrokok mulai ngobrolin dunia. Dari dunianya manusia, binatang, dunia maya, sampai dunia asral sekalipun, hehehehe ngeri gak tuh! kali ini obrolan lebih mengarah pada youtube, situs berbagi video. Katanya sih alasannya karena mas Ali baru saja merasakan kebosanan dirumah gara-gara acara tv yang hanya itu itu saja. Maklum saja dia seorang musisi, sedangkan saat ini jarang acara acara musik di tv menayangkan acara yang sesuai dengan hatinya.

"Terus Siapa pencipta youtube mas?"

Dia kembali nyruput kopi dan mulai bercerita

Youtube diciptakan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Awal ide mereka menciptakan situs ini terbilang unik. Alasannya karena mereka kesulitan untuk berbagi video pada pesta makan malam. Dari situlah ide besar tentang situs ini tercetus dan kemudian menkadi besar seperti saat ini.

Rasanya beberapa waktu yang akan datang keberadaan youtube akan menggeser televisi sebagai sumber hiburan selama ini. Hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka, mengingat acara acara yang disuguhkan para stasiun tv saat ini cenderung membosankan. Ditambah lagi setiap individu pasti mempunyai hobi dan pilihan masing masing, termasuk dalam hal acara televisi yang akan ditontonnya. Dengan adanya situs ini maka masing masing orang mempunyai kesempatan untuk menonton program yang disukainya.

Youtube juga bisa digunakan sebagai penyimpan sejarah. Karena di situs ini kita juga dapat melihat kembali kejadian kejadian lampau. Jadi tidak ada batasan waktu. Tidak seperti pada program televisi, kita tidak dapat menonton kembali acara atau program yang lalu, kecuali memang stasiun tv tersebut sengaja memutarnya kembali.

Hal hal sederhana itulah yang bisa menggeser posisi televisi beberapa waktu yang akan datang mengingat teknologi semakin maju, hak seseorang untuk memilih acaranya yang disukainya semakin besar, dapat digunakan sebagai penyimpan sejarah,dan bahkan bisa digunakan sebagai sumber informasi terbaru dan bukan hal yang mengagetkan jika youtube akan menggeser televisi.

"Yakin mas?" Saya menyela
"Yakin 1000%!" Dengan tegas ia menjawab.

Mungkin ada benarnya juga apa yang dikatakan mas ali mendengar alasan demi alasannya. Bagaimana dengan anda? Sudah anda ganti televisi anda dengan youtube?

nb: Mas Ali adalah musisi serba bisa dengan pangkat sarjana Teknologi dan Informatika yang hobinya ngopi dan ngobrol.

iklan

" Belum dapat kukenali mana kopiku dan mana senyummu yang tawar tanpa gula bagai obat pengantar luka "